Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab tentang "Bermadzhab"


"Tamadzhub" atau bermadzhab adalah sikap beragama yang sering disikapi secara berlebihan oleh sebagian kalangan, baik berlebihan dalam menolaknya sehingga membuat kaum muslimin kehilangan arah dalam beragama dan memunculkan madzhab baru yang tak punya sandaran sama sekali dalam prinsip dan sanad, atau berlebihan dalam berpegang teguh dengannya sehingga menimbulkan fanatisme.

Meskipun keduanya negatif, namun sikap menolak madzhab jauh lebih berbahaya, karena disamping membuat pelakunya tersesat dalam ketidakjelasan prinsip dan metode pengambilan kesimpulan hukum, dan seringkali menyalahi ijma' ulama bahkan "nyeleneh", juga fanatisme yang ditimbulkan malah lebih parah daripada fanatisme sebagian kecil mereka yang bermadzhab.

Buku "At-Tamadzhub" karya Syaikh 'Abdul Fattah Al-Yafi'i ini merupakan bagian dari tesis penulisnya dalam meraih gelar S2 dari Fakultas Ushuluddin Universitas Wadi An-Nil Sudan, sehingga bobot ilmiahnya dapat dipertanggungjawabkan.

Buku ini berisi pembahasan tentang madzhab, bermadzhab, ijtihad, tingkatan mujtahid, ashabiyah (fanatisme) dan hal-hal yang terkait dengan semua itu secara gamblang.

Posting Komentar untuk "Download Kitab tentang "Bermadzhab""