Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjauhi yang Haram dan Syubhat


๐Ÿ“š Hadits Rasulullah ๏ทบ tentang Halal, Haram dan Syubhat

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠْ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ู†ُّุนْู…َุงู†ِ ุจْู†ِ ุจِุดِูŠْุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ู‚َุงู„َ: ุณَู…ِุนْุชُ ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠَู‚ُูˆْู„ُ: "ุฅِู†َّ ุงู„ุญَู„ุงู„َ ุจَูŠِّู†ٌ ูˆَุฅِู†َّ ุงู„ุญَุฑَุงู…َ ุจَูŠِّู†ٌ ูˆَุจَูŠْู†َู‡ُู…َุง ุฃُู…ُูˆْุฑٌ ู…ُุดْุชَุจِู‡َุงุช ู„ุงَ ูŠَุนْู„َู…ُู‡ُู†َّ ูƒَุซِูŠْุฑٌ ู…ِู†َ ุงู„ู†َّุงุณ، ِ ูَู…َู†ِ ุงุชَّู‚َู‰ ุงู„ุดُّุจُู‡َุงุชِ ูَู‚َุฏِ ุงุณْุชَุจْุฑุฃَ ู„ِุฏِูŠْู†ِู‡ِ ูˆุนِุฑْุถِู‡، ูˆَู…َู†ْ ูˆَู‚َุนَ ูِูŠ ุงู„ุดُّุจُู‡َุงุชِ ูˆَู‚َุนَ ูِูŠ ุงู„ุญَุฑَุงู…ِ ูƒَุงู„ุฑَّุงุนِูŠ ูŠَุฑْุนَู‰ ุญَูˆْู„َ ุงู„ุญِู…َู‰ ูŠُูˆุดِูƒُ ุฃَู†ْ ูŠَู‚َุนَ ูِูŠْู‡ِ. ุฃَู„ุง ูˆَุฅِู†َّ ู„ِูƒُู„ِّ ู…َู„ِูƒٍ ุญِู…َู‰ً. ุฃَู„ุง ูˆَุฅِู†َّ ุญِู…َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ ู…َุญَุงุฑِู…ُู‡ُ، ุฃَู„ุง ูˆุฅِู†َّ ูِูŠ ุงู„ุฌَุณَุฏِ ู…ُุถْุบَุฉً ุฅِุฐَุง ุตَู„َุญَุชْ ุตَู„َุญَ ุงู„ุฌَุณَุฏُ ูƒُู„ُّู‡ُ ูˆุฅุฐَุง ูَุณَุฏَุช ูَุณَุฏَ ุงู„ุฌَุณَุฏُ ูƒُู„ُّู‡ُ ุฃَู„ุง ูˆَู‡ูŠَ ุงู„ู‚َู„ْุจُ." ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆู…ุณู„ู…

Dari Abu 'Abdillah An-Nu'man bin Basyir RA ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah ๏ทบ bersabda: 

"Sesungguhnya halal itu jelas dan sesungguhnya haram juga jelas. Di antara keduanya terdapat hal-hal yang tidak jelas (musytabihat) yang tidak diketahui kebanyakan manusia. Barangsiapa menjauhi hal-hal yang tidak jelas tersebut, ia telah mencari kebersihan (dari celaan syar'i dan tuduhan) untuk agama dan kehormatannya. Barangsiapa terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak jelas (musytabihat) tersebut, ia terjerumus ke dalam haram, seperti penggembala yang menggembala di sekitar hima (lahan khusus yang tidak boleh dimasuki siapa pun), ia dikhawatirkan menggembala masuk di dalamnya. Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai hima dan ketahuilah bahwa hima Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya. Ketahuilah bahwa di tubuh terdapat segumpal darah, jiIka segumpal darah tersebut baik maka seluruh tubuh menjadi baik dan jika segumpal darah tersebut jelek maka seluruh tubuh menjadi jelek. Ketahuilah bahwa segumpal darah tersebut adalah hati". 
(Diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim).

Beberapa Istilah

Halal : semua yang memiliki dalil tegas tentang kebolehannya.

Haram : semua yang memiliki dalil tegas tentang ketidakbolehannya.

Musytabihat (Syubhat) : yang tidak jelas kehalalan atau keharamannya.

KANDUNGAN & MANFAAT HADITS

๐Ÿ“Œ Diizinkan untuk menikmati yang halal dengan tetap menghindari sikap berlebihan.

Tanda seseorang berlebihan dalam menikmati yang halal: jika menyebabkannya melalaikan kewajiban atau terjatuh kepada yang haram. 

Dalam tingkat ketaqwaan yang lebih tinggi, tandanya adalah jika mengakibatkan ia lalai memelihara yang sunnah atau menyebabkannya meremehkan yang makruh.

๐Ÿ“Œ Hadits ini adalah perintah untuk menjauhi yang haram dan musytabih (syubhat)

๐Ÿ“ŒBanyak orang yang tidak mengenal kejelasan status halal atau haramnya sesuatu, sehingga dinamakan musytabih/syubhat. 

Tetapi ada yang mengetahui jelas status hukumnya yaitu para ulama yang mengetahui dalil sekaligus duduk permasalahannya dengan cermat sehingga baginya sesuatu itu bukanlah syubhat.

๐Ÿ“Œ Faktor penyebab munculnya musytabih:

1. Faktor ketidakjelasan dalil 

1.a. Yaitu jika seorang 'alim belum dapat memastikan apakah sebuah hadits yg ia gunakan sebagai dalil adalah hadits shahih atau bukan.

1.b. Jika dalilnya shahih menurut orang alim tersebut, boleh jadi masih ada keraguan tepatkah penggunaannya utk kasus itu?

2. Faktor ketidakjelasan masalah (data permasalahan tidak lengkap ..)

๐Ÿ“Œ Menjauhi yang syubhat berarti menjaga agama (di sisi Allah) sekaligus menjaga kehormatan (di mata manusia)

๐Ÿ“Œ Salah satu cara mendekatkan orang lain kepada pemahaman adalah dengan membuat perumpamaan, seperti yang dilakukan Rasulullah ๏ทบ dalam hadits ini.

๐Ÿ“Œ Orang yang berada dalam perkara syubhat mudah terjatuh kepada yang haram seperti penggembala yang menggembalakan ternaknya dekat daerah terlarang.

๐Ÿ“ŒHadits ini juga berisi arahan untuk memperhatikan hati dan selalu memperbaikinya karena kedudukannya yang amat penting bagi kebaikan seseorang secara keseluruhan.

๐Ÿ“ŒJuga memberi Isyarat bahwa sikap dan perilaku kita tentang halal, haram, dan syubhat akan mempengaruhi kondisi hati kita.

3 komentar untuk "Menjauhi yang Haram dan Syubhat"

  1. AMIN........THE BEST....
    ASALAMU'ALAKUM......SALAM SEHAT JASMANI SEHAT ROHANI SERTA SEHAT EKONOMINYA SUKSES SEJAHTERA AND BAHAGIA SLALU APAPUN PROFESINYA BY. ADEN KUSDENI (RADEN HIDAYAT) YAYASAN HIDAYAH ANUGRAH ISTIQOMAH (YHAI) LKP/LPK PIJAT ANUGRAH TERAKREDIATASI D/A: RUKO ASRI NO.B.06 BATUJAJAR KBB JABAR SAMPING KANTOR POS BATUJAJAR 40561 KLIK.... www.anugerahpijat.com Kami Terima Kursus Dan Pelatihan Kerja Pijat Tradisional Anugrah Bila Sahabat Karib Mau Memiliki Kemampuan Ilmu Pijat Tradisional Kombinasi Dengan 2 Hari Program Reguler Bersertifikat Peserta Siswa/Siswi Dijamin 99% BERHASIL DENGAN HASIL MEMUASKAN BONUS ADA METHODE ILMU PIJAT TRADISIONAL BAGI TERAFISNYA MELAYANI 45 PASIEN TIDAK MERASA LELAH/CAPEK BILA SAUDARA SUDAH MENGUASAI ILMU PIJAT TRADISIONAL KOMBINASI BILA SAUDARA/I BERMINAT SILAHKAN DATANG HUB. IBU Dra.YUSNIARTI (OMBAI SITI HOLIJAH) Jabatan KETUA PENYELENGGARA KURSUS DAN PELATIHAN KERJA PIJAT TRADISIONAL ANUGRAH : (022)86006444 - (022)87780888 HP. WA. 082126656222-082216666269-087824912398/081322099067
    KE RUKO ASRI N0.B.06 BATUJAJAR BARAT KBB JABAR SAMPING KANTOR POS BATUJAJAR 40561

    BalasHapus

Hindari kata-kata yang mengandung pornografi, penghinaan dan kebencian serta pelanggaran hukum yang berlaku.